Bersihkan Sarang Tikus di Kemenpora, Begini Cara Jitu Zainudin Amali

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,JAKARTA-- Menpora Zainudin Amali mengirimkan sebuah pesan singkat berisi tingkat kepatuhan e-LHKPN para pejabat Kemenpora.

Dari pesan tersebut, tampak para pejabat Kemenpora mulai tertib melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Persentasenya sampai 99,42 persen.

Catatan itu melonjak jauh dibandingkan sebelumnya, di mana hanya 50 persen pejabat saja yang melaporkan harta kekayaannya di situs e-LHKPN.

"Sebelum saya masuk, tingkat kepatuhan masih 50-an persen, begitu saya masuk meningkat drastis menjadi 99,42 persen," kata Amali dalam pesan singkatnya, Jumat (15/5) petang.

Dari data itu, juga dijelaskan ada 172 pejabat di Kemenpora yang wajib lapor e-LHKPN.

Namun, satu pejabat belum melaporkan dan masih ditunggu oleh Menpora Zainudin Amali agar dibereskan dan patuh seluruhnya.

"Nanti akan kami sampaikan namanya, kalau tidak lapor. Sekarang kami minta segera lapor dulu," kata pria yang karib disapa Bang Za itu.

Dia ternyata memiliki cara tersendiri agar tudingan miring bahwa Kemenpora ialah 'sarang tikus' bisa terbantahkan.

Salah satunya dengan melihat kepatuhan pejabatnya. Salah satu cara cerdiknya, ialah mewajibkan pejabat yang akan berurusan dengan dia dan meminta tanda tangannya, melampirkan bukti kepatuhannya.

"Setiap ada urusan ke tempat saya selalu saya minta lampirkan copy LHKPN & SPT-nya sebelum saya tanda tangan. Misalnya yang mau urus kenaikan pangkat. Kalau mereka tidak melampirkan copy LHKPN & SPT, saya tidak akan tanda tangani itu walaupun mereka menunggunya," tandasnya. (dkk/jpnn)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan