Ombudsman Minta Sinergi Berantas Pungli Diperkuat

FOTO: ISTIMEWA

Fajar.co.id, Mamuju – Kehadiran tim Ombudsman RI Sulawesi Barat dalam kegiatan video converence saber pungli di kantor Polda Sulbar baru-baru ini, merupakan keseriusan Ombudsman ambil bagian dalam memberantas pungutan liar (pungli).

Bahkan, kepala perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar, berharap kegiatan semakin memperkuat pengawasan pungli pada bidang layanan publik di Sulawesi Barat, Jumat (15/5/2020).

Lukman juga mengajak semua stakeholder di lingkup Provinsi Sulawesi Barat secara bersama-sama membangun kerja kolaboratif memberantas pungli. “Kami mengajak semua stakeholder untuk sama-sama perangi pungli yang saat ini mulai berkonotasi wajar dalam pelayanan publik,” ujar Lukman.

Menurut Lukman, semakin maraknya pungli pada pelayanan publik akan memberatkan masyarakat sehingga dapat menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Bahkan, bisa menyebabkan merosotnya wibawa hukum di mata publik.

Sebagai bentuk keseriusan dalam pemberantasan pungli, kata Lukman, dapat dimulai dari instansi masing-masing. “Sebab, bagaimana mungkin kita mengawasi yang lain kalau di internal kita sendiri masih terjadi praktik pungli,” pungkasnya. (rls)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar