Infografis

Pemerintah Tak Taat Hukum

0 Komentar

Iuran BPJS Naik

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –-Kenaikan iuran BPJS Kesehatan memang dibarengi subsidi untuk kelas III. Sayang, subsidinya setengah hati.

Pada 2020, pemerintah memberi subsidi sebesar Rp16.500 per bulan. Peserta kelas III hanya membayar Rp25.500 per bulan hingga Desember. Pada 2021, iuran peserta kelas III akan naik.

Per Januari 2021, pemerintah hanya memberi subsidi sebesar Rp7.000 per bulan untuk peserta kelas III. Dengan demikian, peserta harus membayar iuran BPJS Kesehatan sebesar Rp35.000 per bulan.

Anggota Komisi IX DPR RI Anwar Hafid menilai penerbitan perpres itu mengesankan pemerintah tidak taat hukum karena tidak memematuhi putusan MA. Harusnya pemerintah memberi contoh yang baik kepada masyarakat bagaimana taat asas.

Semua orang sama di hadapan hukum. Putusan MA adalah yang memiliki kekuatan hukum pasti wajib hukumnya pemerintah melaksanakan putusan. Pun kenaikan iuran juga waktunya kurang tepat karena ada tekanan ekonomi dan psikologis akibat dampak pandemi Covid-19.

“Seharusnya pemerintah membuat keputusan yang membuat rakyat tenang. Supaya bisa dengan sabar. Bukan justru membuat keputusan yang bisa membuat perasaan rakyat kecil makin sulit karena tekanan,” jelasnya, kemarin.

Komisi IX masih akan mendiskusikan terkait hal ini. Rencananya usai masa reses mereka akan memanggil Kemenkes dan BPJS Kesehatan untuk membahas adanya kenaikan iuran peserta jaminan kesehatan tersebut.

Komentar

Loading...