KPU Selayar Uji Coba E-Coklit di Dua Kecamatan

Ketua KPU Selayar, Nandar Djamaluddin.

FAJAR.CO.ID, SELAYAR– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar melakukan uji coba aplikasi E-Coklit. Uji coba itu dilakukan di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada dua kecamatan berbeda.

Ketua KPU Selayar, Nandar Djamaluddin mengatakan, pihaknya bersama KPU di 11 kabupaten kota di Sulsel secara bersama menggelar uji coba aplikasi pencocokan dan penelitian melalui E-Coklit.

Aplikasi ini berbasis smartphone yang dikembangkan untuk membantu dan mempercepat proses Coklit data pemilih. Aplikasi tersebut terhubung dan terkirim lansung ke server KPU dan lansung singkron dengan sidalih KPU.

“Ini adalah media pemutakhiran data pemilih secara elektronik yang pertama kali diterapkan secara nasional di pilkada serentak 2020. Aplikasi ini akan menjadi bagian penting dari e-rakap nantinya,” ujarnya, Sabtu (16/5/2020).

Khusus di Selayar, KPU menunjuk dua TPS di Kecamatan Bontoharu dan Buki melakukan uji coba yabg serentak dilakukan pada tanggal 14 dan 15 Mei kemarin.

“Jadi mekanismenya bukan lagi door to door, di masa pandemi ini tidak dimungkinkan. Sehingga cukup dilakukan oleh kepala dusun, lingkungan atau RT pada TPS bersangkutan,” kuncinya. (sir/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...