Ramadan Mahasiswa Pinrang di Negeri Gajah Putih, Dapat Makanan Halal Cita Rasa Thailand Selatan

Supartina Hakim mahasiswi pascasarjana di Mahidol University, Thailand

FAJAR.CO.ID, BANGKOK– Ramadan di negeri gajah putih memang sangat berbeda tahun ini. Supartina Hakim, mahasiswi pascasarjana di Faculty of physical therapy, Mahidol University, Thailand ini menikmati bulan ramadan tanpa agenda buka puasa bersama di KBRI, yang merupakan agenda rutinitasnya di Bulan Ramadan sebelumnya.

Kini, Inna sapannya hanya bisa menikmati Bulan Ramadan di Jittakorn Apartment, Phuttamonthon 4 road, Salaya, Nakhon Pathom, tempat tinggalnya. Sembari tetap menyelesaikan tugas akhirnya di kampus tersebut untuk meraih gelar magister.

Alumnus Fisioterapi Unhas asal Kabupaten Pinrang ini menjelaskan, makanan halal tetap dijumpai di kota ini, namun dengan cita rasa asli Thailand Selatan.

“Makanan halal ada, namun didominasi khas rasa Thailand Selatan yang mirip dengan makanan melayu-Indonesia pada umumnya, itu memiliki cita rasa asam dan pedas seperti campuran masakan aceh dan minang, itu uniknya juga makanan disini, tetap halal,” ujarnya.

Ia juga bersyukur banyak menjumpai komunitas muslim di kota ini, sehingga bisa saling berbagi informasi dengan masyarakat komunitas muslim lainnya. Itu sangat dirasakan sebelum pandemi korona juga menyerang negara ini.

“Komunitas muslim Thailand itu banyak, namun didominasi muslim melayu Thailand Selatan, komunitas mahasiswa muslim Indonesia disini juga solid, sehingga nuansa ramadan juga terasa, dengan berbagi makanan, buka bersama, tarawih bersama, pengajian. Jadi tetap saya rasa seperti berada di Indonesia, itu tetap tetap terjaga,” paparnya.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar