Terapkan Semi Lockdown, Kunjungan Silaturahmi Lebaran dan Ibadah Haji Ditiadakan

Sabtu, 16 Mei 2020 11:31

FAJAR.CO.ID, SINGAPURA– Singapura masih memberlakukan kebijakan semi lockdown atau pemutus sirkuit (circuit breaker) selama pandemi Covid-19. Karena itu, warga Muslim pun dilarang agar tidak mengadakan kunjungan silaturahmi selama perayaan Idul Fitri tahun ini. Masyarakat diminta bersilaturahmi dengan keluarga hanya lewat gadget dan media sosial.

“Seharusnya tidak ada kunjungan atau pertemuan Hari Raya selama periode pemutus sirkuit tahun ini, dan para peziarah Singapura harus menunda ziarah haji tahunan ke Makkah hingga 2021, mengingat pandemi Covid-19,” tegas Dewan Agama Islam dari Singapura (Muis) pada Jumat (15/5/2020).

Umat ​​Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri pekan depan. Menjelang Hari Raya, masyarakat di Singapura boleh melafalkan takbir di rumah mereka sendiri bersama dengan anggota keluarga, yang dipimpin oleh Mufti dan berbagai asatizah (guru agama) melalui YouTube Live dan Facebook Live di halaman Muis dan masjid seperti dilansir dari Straits Times, Jumat (15/5/2020).

Dan, tak seperti tahun-tahun biasanya, Lebaran kali ini umat Islam di Singapura akan merayakan Lebaran di rumah mereka dengan anggota keluarga dari rumah tangga yang sama. Semua tempat ibadah termasuk 70 masjid di Singapura tetap ditutup.

Tahun ini, mereka dapat bergabung dalam takbir langsung melalui stasiun radio atau online melalui halaman Facebook masjid lokal. Setelah salat tradisional di rumah, maka ceramah akan disiarkan melalui radio, dan berbagai saluran online.

Bagikan berita ini:
7
10
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar