Corona Sulit Musnah Cepat, Achmad Yurianto: Inilah Situasi Normal Baru

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengumumkan bahwa virus corona mungkin tak akan pernah hilang dari muka bumi dengan cepat dan mudah. Virus ini akan bertahan lama sehingga mendorong orang harus hidup berdamai dengan Covid-19.

Karena itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, manusia kini akan hidup pada era baru yakni kehidupan normal yang baru. Situasi di mana kehidupan harus berdampingan dengan Covid-19 dan berpedoman pada protokol kesehatan.

“WHO berikan informasi kepada seluruh dunia bahwa virus ini tak akan hilang dengan mudah dan dengan cepat di muka bumi. Maka kita harus memiliki sikap dan cara pikir yang mengacu pada protokol kesehatan di hari-hari mendatang. Inilah situasi normal baru,” jelasnya.

Yurianto menambahkan satu-satunya cara agar bisa produktif dan aman dari Covid-19 adalah dengan hidup berdampingan. Tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat seperti menjaga jarak aman, mencuci tangan dengan sabun, dan memakai masker.

“Hidup berdampingan dengan Covid-19 bukan berarti kita menyerah tapi harus mengubah perilaku kita, cara pandang kita,” ujarnya.

Selain itu masyarakat diminta untuk selalu menjauhi kerumunan. Dan mulai berpikir pergi ke luar rumah sebagai pilihan terakhir.

“Jangan tempatkan pilihan ke luar rumah sebagai alternatif pertama. Kalau enggak memungkinkan dan tidak benar-benar penting lebih baik di rumah saja. Menghindari tempat kerumunan orang. Ini bisa dilaksanakan, seperti dulu saat kita melatih masyarakat budaya antre,” katanya.

Budaya dengan protokol kesehatan, kata Yurianto, bukan hanya bisa mencegah Covid-19 saja. Tetapi juga bisa mencegah bahaya penyakit menular lainnya.

  • Bagikan