Ceramah Bermusuhan dengan Pemerintah Alasan Habib Bahar bin Smith Ditahan

Selasa, 19 Mei 2020 11:25

Habib Bahar bin Smith -- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Reynhard Silitonga menjelaskan ihwal penangkapan kembali Habib Bahar bin Smith. Menurut dia, Bahar telah melakukan pelanggaran syarat bebas bersyarat yang diberikan melalui program asimilasi.

“Tanggal 19 Mei 2020 ijin asimilasi di rumah dicabut berdasarkan penilaian dari Petugas Kemasyarakatan Bapas Bogor yang melakukan pengawasan dan bimbingan,” kata Reynhard dalam keterangan tertulis, Selasa (19/5).

Ada dua pelanggaran yang dilakukan oleh Bahar. Pertama karena dianggap menggelar ceramah bernada provokatif dan meresahkan masyarakat. Hal tersebut bertentangan dengan arahan atau bimbingan petugas dari Bapas selama narapidana mendapat asimilasi.

“Yang bersangkutan melakukan tindakan yang menimbulkan keresahan masyarakat antara lain menghadiri acara dan memberikan ceramah yang provokatif dan menyebarkan rasa permusuhan dan kebencian kepada pemerintah,” kata Reynhard.

Ceramah tersebut kemudian viral di media sosial. Dalam ceramah tersebut Bahar sempat mengeluarkan kalimat-kalimat yang dianggap provokatif seperti ‘saya besok dipenjarakan lagi karena berjuang untuk rakyat kecil, bahkan dimatikan, saya ridha saya ikhlas’, ‘saya tidak takut besok pagi ditangkap polisi dipenjara lagi’.

Bagikan berita ini:
9
5
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar