Klaster Temboro Sumbang 10 Pasien, Pemkot Siapkan 4000 Rapid Test di Pulau Kodingareng

Rapid test massal di Pulau Kodingareng

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggelar rapid test massal di pulau Kodingareng, Kecamatan Sangkarrang Kota Makassar, Selasa (19/5/2020).

Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi dini, mengingat di Pulau Kodingareng terdapat 10 warga yang dinyatakan positif covid-19 setelah uji swab.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan pasien positif tersebut berasal dari kluster santri Temboro yang baru pulang dari Pulau Jawa beberapa waktu lalu.

“Kami bawa 4000an rapid test. Kami juga memprioritaskan masyarakat yang punya kontak erat dengan 10 pasien positif itu,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Naisyah, sebanyak 50 an tenaga medis diturunkan untuk pemeriksaan tersebut di antaranya dari puskesmas dan Lantamal.

“Untuk pemeriksaan ada yang standby di puskesmas, ada juga masyarakat yang kita dikunjungi langsung,” katanya.

Selain Rapid Test di Kecamatan Sangkarrang, Pemkot bakal melakukan rapid test Massal di lima kecamatan lainnya di antaranya Kecamatan Rappocini, Tamalate, Panakukkang, Manggala, dan Ujung Tanah.

Kecamatan Sangkarrang merupakan kecamatan yang pertama kali yang akan mengadakan rapid test. Pasalnya, salah satu pulau di dalamnya yakni Kepulauan Kodingareng telah terdeteksi 10 orang positif dari hasil test Swab. (ikbal/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan

Comment

Loading...