KPK Titipkan 4 Tersangka Kasus Dugaan Suap ke Rutan Polda Jatim

Bupati (nonaktif) Sidoarjo Saiful Ilah, tersangka kasus suap proyek infrastruktur. (MUHAMAD ALI/JAWAPOS)

FAJAR.CO.ID,JATIM– Kasus dugaan suap di Sidoarjo yang melibatkan Bupati (nonaktif) Saiful Ilah memasuki babak baru. KPK memindahkan empat tersangka dalam kasus tersebut dari Rutan Guntur, Jakarta, ke rutan di Surabaya. KPK juga mendaftarkan berkas perkara keempatnya ke Pengadilan Tipikor Surabaya kemarin (18/5).

Selain Saiful, KPK memindahkan Kepala (nonaktif) Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air (PU BMSDA) Kabupaten Sidoarjo Sunarti Setyaningsih, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas PU BMSDA Judi Tetrahastoto, dan Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Sanadjihitu Sangadji. Keempatnya diberangkatkan ke Surabaya dengan menggunakan kereta api.

Empat terdakwa penerima suap itu dititipkan di dua tempat. Abah Ipul –sapaan akrab Saiful Ilah– dititipkan di Rutan Mapolda Jatim, sedangkan tiga tersangka lainnya di Rutan Negara Kejati. Abah Ipul dibawa memasuki Rutan Mapolda Jatim pukul 08.57. Dia dikawal ketat oleh personel KPK dan kepolisian. ”Wes-wes gak usah foto,” ucapnya.

Sementara itu, jaksa KPK Arief Suhermanto menerangkan, dalam perkara tersebut, tim bakal mengorek keterlibatannya dalam penerimaan uang dan aliran uang suap aneka proyek di Sidoarjo.

Ahmad Riyadh, penasihat hukum Saiful Ilah, belum bisa berkomentar banyak soal perkara tersebut. Pasalnya, tim belum mendapatkan dakwaan apa pun. Namun, pada prinsipnya, kliennya bakal kooperatif dalam menyelesaikan kasus itu. (jpc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad

Comment

Loading...