Menyelamatkan Dunia dari Virus Corona, Xi Jinping Beberkan Langkah Konkret Tiongkok

Selasa, 19 Mei 2020 22:49

Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: Reuters

FAJAR.CO.ID– Presiden Tiongkok Xi Jinping pada Senin (18/5) mengumumkan sejumlah langkah konkret untuk mendorong perjuangan global melawan COVID-19, termasuk menyediakan bantuan internasional dan menjadikan vaksin COVID-19 di Tiongkok sebagai barang publik global saat tersedia.

Pengumuman itu disampaikan Xi saat berpidato dalam pembukaan sidang Majelis Kesehatan Dunia (WHA) ke-73 melalui tautan video.

“Tiongkok akan menyediakan USD 2 miliar selama dua tahun untuk mendukung respons COVID-19, serta pembangunan ekonomi dan sosial di negara-negara yang terdampak, terutama negara-negara berkembang,” kata Xi.

Tiongkok akan bekerja sama dengan organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mendirikan depot dan pusat respons kemanusiaan global, memastikan operasi rantai pasokan antiepidemi. “Dan mendorong koridor hijau untuk pengurusan dokumen bea cukai dan transportasi jalur cepat,” lanjutnya.

Selain itu, Tiongkok akan membangun mekanisme kerja sama bagi sejumlah rumah sakitnya untuk berkolaborasi dengan 30 rumah sakit Afrika dan mempercepat pembangunan kantor pusat CDC Afrika guna membantu benua tersebut meningkatkan kesiapsiagaan dalam merespons penyakit dan kapasitas pengendaliannya.

“Pengembangan dan distribusi vaksin COVID-19 di Tiongkok, saat tersedia nanti, akan dijadikan barang publik global,” ujar sang presiden.

“Ini akan menjadi kontribusi Tiongkok untuk memastikan aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin di negara-negara berkembang,” tambahnya.

Tiongkok juga akan bekerja sama dengan anggota G20 lainnya dalam mengimplementasikan Inisiatif Penangguhan Layanan Utang bagi negara-negara paling miskin.

Komentar