Menyelamatkan Dunia dari Virus Corona, Xi Jinping Beberkan Langkah Konkret Tiongkok

Selasa, 19 Mei 2020 22:49

Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: Reuters

Dia pun menambahkan bahwa pihaknya juga siap berkolaborasi dengan komunitas internasional untuk meningkatkan dukungan bagi negara-negara yang paling terpukul di bawah tekanan terbesar dari layanan utang agar mereka bisa mengatasi kesulitan saat ini.

WHA adalah badan pembuat keputusan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sidang WHA ke-73, yang dijadwalkan berlangsung pada 18-19 Mei itu, digelar melalui tautan video akibat dampak pandemi saat ini.

Menurut WHO, agenda sidang tersebut difokuskan hanya untuk isu-isu penting, seperti COVID-19 dan pemilihan anggota dewan eksekutif.

Saat ini, COVID-19 melanda lebih dari 210 negara dan wilayah, memengaruhi lebih dari 7 miliar orang di seluruh dunia dan merenggut 300.000 lebih nyawa berharga.

“Tiongkok mendukung visi membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia,” kata Xi, menambahkan bahwa Tiongkok mengemban tanggung jawab untuk memastikan tidak hanya kehidupan dan kesehatan warga negaranya sendiri, namun juga kesehatan masyarakat global.

Menurut Xi, selama ini Tiongkok bertindak dengan keterbukaan, transparansi, dan tanggung jawab dalam perjuangan melawan COVID-19. Tiongkok juga mengerahkan segala daya upaya untuk mendukung dan membantu negara-negara yang membutuhkan.

Mencatat bahwa tak ada yang lebih berharga di dunia daripada nyawa manusia, Xi mendesak seluruh negara agar mengutamakan rakyat serta melakukan upaya semaksimal mungkin untuk pengendalian dan pengobatan COVID-19.

Komentar