Menyelamatkan Dunia dari Virus Corona, Xi Jinping Beberkan Langkah Konkret Tiongkok

Selasa, 19 Mei 2020 22:49

Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: Reuters

Xi menyatakan dukungan setia Tiongkok untuk WHO, mengimbau komunitas internasional agar meningkatkan dukungan politik dan finansial bagi WHO sehingga dapat memobilisasi sumber daya di seluruh dunia untuk mengalahkan virus tersebut.

“Di masa-masa genting saat ini, mendukung WHO berarti mendukung kerja sama internasional dan juga perjuangan untuk menyelamatkan nyawa,” kata Xi.

Xi menyerukan kepada dunia agar menyediakan lebih banyak dukungan material, teknologi, dan personel bagi negara-negara di Afrika, seraya mengatakan bahwa “membantu mereka membangun kapasitas harus menjadi prioritas utama kita dalam merespons COVID-19.”

Lebih lanjut, Xi mengatakan bahwa komunitas internasional harus memperkuat tata kelola global di bidang kesehatan masyarakat.

“Tiongkok mendukung gagasan untuk melakukan tinjauan komprehensif terkait respons global terhadap COVID-19 setelah virus tersebut berhasil dikendalikan untuk merangkum pengalaman dan mengatasi kekurangan,” kata Xi.

“Pekerjaan ini harus dilandaskan pada sains dan profesionalisme, yang dipimpin oleh WHO serta dilakukan secara objektif dan tidak memihak,” tambahnya.

Dia juga mengusulkan untuk memulihkan pembangunan ekonomi dan sosial serta memperkuat kerja sama internasional.

Menyebut bahwa umat manusia sedang menghadapi situasi darurat kesehatan masyarakat global paling serius sejak akhir Perang Dunia II, Xi mengatakan solidaritas dan kerja sama adalah cara yang pasti bagi kita, masyarakat dunia, untuk mengalahkan coronavirusbaru ini.

Komentar