Pemkot Bolehkan Salat Idulfitri di Masjid, Ini Syaratnya

Yusran Jusuf

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Menjelang hari raya Idulfitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memperbolehkan masyarakat melaksanakan salat Ied di Masjid.

Pj Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf, menekankan, bagi mereka yang ingin melaksanakan salat di masjid harus memenuhi beberapa syarat.

"Sekiranya ada warga yang melaksanakan salat Ied di masjid maka tim Gugus Tugas akan memastikan tempat itu menerapkan protokol kesehatan," kata Yusran, Selasa (19/5/2020).

Sebelum melaksanakan salat Ied, kata Yusran, pihak Pemkot akan mengawasi masjid mana saja yang akan melaksanakan salat Ied dan akan hadir meninjau sehari sebelum pelaksanaan salat ied.

"Kami juga akan hadir di saat pelaksanaan (salat Ied). Kita lakukan pemeriksaan screening sehingga protokol kesehatan sekiranya ada yang melaksanakan salat di luar rumah itu tetap bisa kita kendalikan," tambahnya.

Yusran menambahkan, peran lurah dan camat akan penting dalam mengawasi pelaksanaan salat Ied nantinya.

"Jadi lurah dan camat dia harus terdepan karena mereka memahami, mengetahui masjidnya, dan itu menjadi bagian tanggung jawab pemerintah di level kecamatan dan kelurahan," ungkapnya.

Lebih lanjut, dia berpesan kepada seluruh pengurus masjid yang akan melaksanakan salat Ied agar protokol kesehatan dijaga dengan baik.

"Tentu harus dipastikan betul bahwa jemaah, lokasi kita itu bisa menerapkan protokol kesehatan dan sangat jelas yang harus dilakukan. Itu harus menjadi bagian dari tanggung jawab di level lurah dan Kecamatan untuk memastikan saudara kita bisa aman dari penyebaran covid-19," tutupnya. (ikbal/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...