Proyek Akses Internet, Inggris Gelontorkan Rp3,5 Miliar ke Jawa Barat

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, dalam acara penyambutan penerima beasiswa Chevening 2018-2019 di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Kamis (20/2/2020). Foto: ANTARA/Aria Cindyara

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, bersama dengan organisasi mitra lokal Common Room Network Foundation, meluncurkan proyek senilai GBP190.000 (Rp3,5 miliar) selama dua tahun untuk memberikan akses internet bagi komunitas di Kasepuhan Ciptagelar di Jawa Barat.

“Kami melihat akses pada informasi, terutama akses internet, sebagai bagian penting dari pengembangan. Di dunia modern ini begitu banyak informasi dan jasa yang tersedia secara online,” kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, pada peluncuran proyek tersebut yang dilakukan secara daring di Jakarta, Senin (18/5).

Proyek tersebut nantinya akan memberikan akses internet berbasis komunitas di Kasepuhan Ciptagelar dan bertujuan untuk memperbaiki literasi digital untuk penguatan kapasitas komunitas lokal. Organisasi Common Room sendiri bertujuan untuk mengembangkan model yang operasional dan dapat diterima di berbagai komunitas lokal di Indonesia.

Dalam jangka pendek, proyek tersebut juga disesuaikan untuk membantu melawan COVID-19, di mana penyampaian informasi kesehatan yang penting kepada semua orang perlu dilakukan secepat mungkin, dalam bahasa lokal yang mereka pahami.

Langkah ini diharapkan dapat menyelamatkan nyawa dan komunitas terpencil ini dari dampak pandemi yang lebih besar.

“Pada awalnya, kami telah memulai proyek ini bersama Common Room Network Foundation dan saat ini kami akan melakukan penyesuaian sedikit, sehingga pesan penting mengenai kesehatan, yang disampaikan melalui media tradisional dan digital, dapat menjangkau semua orang. Kami berharap setelah ini, kita dapat memastikan bahwa seluruh komunitas mendapat manfaat penuh dari internet,” ujar Dubes Jenkins.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar