AHY: Perlu Pemimpin Krisis, Bukan Krisis Kepemimpinan

Agus Harimurti Yudhoyono.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, menyampaikan peringatan ke-112 Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2020, yang berlangsung dalam situasi pandemi Covid-19, akan menjadi momentum bagi seluruh bangsa Indonesia untuk gotong royong agar Indonesia bisa bangkit dari krisis pandemi Covid-19.

“Kita tahu, krisis pandemi ini telah memunculkan gelombang pengangguran, angka kemiskinan terus meningkat, dan beban ekonomi negara yang semakin berat. Kondisi ini diperburuk oleh tidak sehatnya tata kelola BPJS Kesehatan yang berdampak pada kenaikan iuran premi di tengah pandemi,” papar AHY di akun Twitter pribadinya, Rabu (20/5/2020).

Baginya, kebersamaan seluruh elemen bangsa adalah kunci agar krisis kesehatan ini tidak berkepanjangan. AHY menyatakan, negara punya keterbatasan sumber daya untuk tangani krisis. Karena itu, inisiatif kelompok masyarakat melalui filantropi serta kegiatan peduli dan berbagi, jadi hal yang patut diapresiasi.

“Sumber daya yang besar tidak menjamin negara bisa tangani wabah secara efektif. Dibutuhkan kepemimpinan krisis yang jujur, empati & terbuka mengenai berbagai informasi & risiko pandemi. Sikap ini perlu ditindaklanjuti dengan kebijakan responsif & antisipatif yang dipandu dengan pendekatan sains,” tutur putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono itu.

AHY mencontohkan terhadap apa yang dilakukan Kanselir Angela Merkel di Jerman dianggap berhasil menekan dampak buruk Covid-19 karena sejak awal mau mendengar berbagai masukan dan rekomendasi dari para panel ahli dalam pengambilan keputusan penting.

“Ia belajar cepat untuk lakukan penyesuaian, improvisasi tindakan, ciptakan beragam alternatif kebijakan, dan lakukan pendekatan ke Gubernur 16 Negara Bagian untuk bangun keselarasan langkah penanganan pandemi. Merkel, telah menunjukkan kepemimpinan krisis, bukan krisis kepemimpinan,” sindir AHY.

Ia berharap dan optimis bahwa semua pemimpin di berbagai tingkatan di negeri ini mampu menunjukkan kepemimpinan politik yang efektif untuk keluar dari krisis ini.

“Selamat #HariKebangkitanNasional!” pungkas AHY. (endra/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...