Detik-detik ABK Febrian Panggulu Jatuh dari Kapal saat Berlabuh

Proses evakuasi ABK Kapal Pajeko Imanuel Jaya Febrian Panggulu (47)-- manadopos

FAJAR.CO.ID, SITARO -- Salah satu ABK Kapal Pajeko Imanuel Jaya Febrian Panggulu (47) alias FP Warga Batu Lubang, jatuh dari kapal saat sedang berlabuh kurang lebih 5 meter di perairan Tukuri Pulau Ruang, Kampung Pupente, Kecamatan Tagulandang, pukul 2.10 WITA Selasa (19/5) lalu.

Danposal Tagulandang Sertu Saa Yales W Saputra menjelaskan, korban merupakan warga Batu Lubang, Kecamatan Lembe Selatan dan bekerja di Pajeko Imanuel Jaya.

Menurut keterangan saksi Kasio Kumikumi (38) yang juga ABK Kapal Pajeko Imanuel Jaya, Selasa pukul 02.00 wita dirinya menghidupkan mesin kapal untuk persiapan mencari ikan.

Kemudian dirinya membuka mesin Takal hendak memeriksa kondisi oli. “Kemudian pak Febrian (korban) bangun dari tempat tidurnya menuju haluan perahu melewati belakang saya. Tidak lama kemudian korban balik lagi menuju lambung kiri perahu menuju ke belakang perahu namun saya tidak memperhatikan lagi karena sedang memeriksa Oli di mesin Takal,” jelas saksi.

Sekira pukul 02.10 ABK Kapal Pajeko Imanuel Jaya Saharudin Puada sedang duduk di buritan (belakang) perahu sambil menunggu makan sahur. Dan tiba-tiba dirinya mendengar ada suara seperti suara benda jatuh ke air.

“Dan setelah mendengar suara tersebut, saya langsung menuju ke haluan perahu dan menanyakan kepada nakhoda Perahu Pajeko Imanuel Jaya pak Kasio Kumikumi siapa-siapa yang sudah bangun. Kemudian nakhoda menyampaikan pak Febrian Panggulu yang sudah bangun,” katanya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar


Comment

Loading...