Jokowi Dorong Ilmuwan Indonesia Ciptakan Vaksin Covid-19

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong anak bangsa harus mampu menciptakan vaksin untuk virus corona atau Covid-19. Pasalnya virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok itu masih terus mewabah di Indonesia.

Pernyataan itu dikatakan Presiden Jokowi saat meluncurkan Produk Riset untuk Penanganan Covid-19 yang diprakarsai oleh Kementerian Riset dan Tekonologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Jadi kita juga harus mampu menghasilkan vaksin untuk Covid-19 sendiri,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/5).

Menurut Jokowi, dengan adanya peluncuran produk riset untuk penanganan Covid-19 itu membuat dirinya semakin optimus karya anak bangsa akan bisa dihasilkan. Sehingga Indonesia tidak lagi mengandalkan impor dari negara lain.

‎”Saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan kita hanya import sekarang ini kita bisa mandiri, karena kita bisa produksinya sendiri dan lebih dari itu,” katanya.

“Saya juga senang komunitas peneliti terus bekerja untuk menemukan obat dan terapi yang efektif bagi pengobatan Covid-19,” tamahnya.

‎Jokowi juga mengatakan, sudah saatnya industri dalam negeri berani untuk berinvestasi. Termasuk juga masyarakat perlu mencintai produk-produk dalam negeri. Sehingga inovasi bagi penanganan virus Korona di dalam negeri sangat dibutuhkan.

“Sudah saatnya masyarakat harus juga mulai mencintai produk-produk dalam negeri kita dan harus bangga buatan Indonesia dan juga mentalitas bangga kepada produk dalam negeri,” pungkasnya. (jpc/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan