Pasien Sembuh dari Corona, Dianjurkan Menghindari Berhubungan Badan Selama 30 Hari

Rabu, 20 Mei 2020 18:50

Ilustrasi petugas medis memeriksa kondisi pasien di ruang isolasi dalam simulasi penanganan pasien korona di Rumah Sakit...

FAJAR.CO.ID– Orang yang memiliki record coronavirus baru atau Covid-19 dan berhasil sembuh diperingatkan untuk menghindari hubungan seks selama 30 hari setelah pulih. Menurut seorang ahli dari Thailand, hal tersebut untuk mengurangi risiko penularan kembali ke orang lain saat berhubungan badan.

Veerawat Manosutthi, seorang ahli medis senior di Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, telah menyarankan bahwa pasien yang telah sembuh dari Covid-19 harus menghindari hubungan intim selama 30 hari. Dirinya juga memperingatkan untuk penyintas Covid-19, untuk tidak berciuman selama beberapa waktu.

Berbicara kepada Khaosod English, Manosutthi mengatakan, mereka yang percaya diri bebas dari virus harus menggunakan kondom ketika berhubungan seks. “Berciuman juga harus dihindari karena diketahui juga dapat menyebar melalui mulut,” ujar dia dikutip dari Mirror, Rabu (20/5).

Peringatan Manosutthi didasarkan pada penelitian terbaru, yang menemukan bahwa beberapa pria memiliki jejak virus dalam air mani mereka. Dalam studi tersebut, para peneliti dari Rumah Sakit Kota Shangqiu, Tiongkok mengambil sampel air mani dari 38 pasien coronavirus pria di provinsi Henan.

Tim menganalisis sampel pada 26 Januari dan lagi pada 16 Februari lalu. Tim menemukan bahwa 16 persen pria memiliki jejak virus dalam air mani mereka.

Dalam studi yang pernah dipublikasikan di dalam sebuah jurnal itu, para peneliti menulis, kehadiran virus dalam air mani mungkin lebih umum dari pada yang dipahami saat ini, dan virus tradisional yang ditularkan secara non-seksual, seharusnya tidak diasumsikan sama sekali tidak ada dalam sekresi genital.

Bagikan berita ini:
10
5
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar