Doni Monardo: 124 Kabupaten/Kota Tidak Ada Laporan Kasus Positif Covid-19

Doni Monardo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan bahwa terdapat 124 kabupaten/kota yang sampai hari ini tidak ada laporan adanya kasus terkonfirmasi positif.

“Namun dalam beberapa hari ke depan, Gugus Tugas tentu akan memonitor melalui laporan dari Gugus Tugas provinsi, kabupaten/kota apakah ada tambahan kasus atau tidak,” ujar Kepala BNPB saat memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas (Ratas), Rabu (20/5/2020).

“124 kabupaten/kota ini berada di kepulauan, artinya secara geografis mereka bisa terjamin keamanannya apabila bisa melakukan kontrol dan pengawasan yang lebih ketat,” imbuh Ketua Gugus Tugas.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas menyampaikan bahwa Pemerintah tengah merumuskan protokol masyarakat produktif dan aman yang merupakan sebuah rencana atau konsep menuju kepada tatanan the new normal.

“Dari Gugus Tugas tadi telah melaporkan kepada Bapak Presiden tentang sejumlah data-data yang telah kami dapatkan selama 2 bulan terakhir. Termasuk juga penjelasan terakhir dari Dr Mike Ryan, Executive Director WHO, pada 12 Mei yang lalu, 'coronavirus may never go away' artinya corona virus sangat mungkin tidak akan pernah hilang,” terang Kepala BNPB.

Kalau sudah demikian, menurut Ketua Gugus Tugas, Pemerintah tentu harus memiliki strategi menghadapi kondisi yang tentunya akan hidup bersama-sama virus.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...