Imbau Salat Idul Fitri di Rumah, Wagub Sulsel: Pahalanya Sama Jika di Masjid

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengimbau kepada masyarakat, khususnya warga Sulsel untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah demi keamanan bersama di tengah pandemi Covid-19.

"Salat Ied di rumah saja, sudah jelas intruksi dari pusat sebelumnya bahwa salat Ied di rumah saja," katanya, saat ditemui di Posko COVID-19 Sulsel, Gedung Manunggal, Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (20/5/2020).

Adapun persoalan bahwa salat Idul Fitri di masjid, kata dia, sebaiknya ditunda dulu. Menurutnya pemerintah tentu telah mengkaji dampak yang akan ditimbulkan bila tetap memaksakan salat di masjid atau di lapangan.

"Kalau saya tunda, kenapa karena sudah ada instruksi dari pusat dan telah melalui pertimbangan. Kita provinsi mengikuti karena kita adalah perwakilan pusat untuk daerah Sulawesi Selatan. Jadi ikuti saja," sambungnya.

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan, sebagai seorang muslim, tentang masjid dan segala macam mengenai ada intruksi seperti (penutupan masjid), pahala di masjid tetap sama dengan melaksanakan ibadah di rumah di tengah wabah seperti ini

"Semua persoalan dosa dan sebagainya itu dihitung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sebagainya ada pertimbangan khusus, ada ilmu fiqihnya, dan kita mengikuti ke pemerintah. Ini demi mendukung program pemerintah itu yang paling penting poinnya," tuturnya.

Sudriman menyebutkan agama Islam itu memudahkan, tidak bisa salat di masjid, kita bisa salat rumah bisa berjamaah dengan keluarga. Sama halnya dengan orang sakit, tidak bisa salat berdiri, maka bisa melaksanakan salat dengan duduk.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan