Kementerian Keuangan Permudah Pencairan ADD dan BLT Dana Desa

Kamis, 21 Mei 2020 14:20
Kementerian Keuangan Permudah Pencairan ADD dan BLT Dana Desa

Ilustrasi dana desa-- jawa pos

“Tapi, Pemdanya harus melakukan tagging atas desa-desa mana yang layak salur. Harapannya tahap kedua tanpa syarat, seluruh dana desa tahap pertama yang sudah tersalur, bisa menikmati salur tahap kedua,” tuturnya.

Sementara, pada pencairan tahap ketiga tetap diberlakukan syarat yang sebelumnya. Yakni, membuat laporan realisasi penyerapan dan capaian keluaran dana desa sampai tahap II.

Rata-rata realisasi penyerapan paling sedikit 90 persen dan rata-rata keluaran paling sedikit 75 persen. Saat ini, porsi pencairan dana desa masih sama yakni tahap I sebesar 40 persen, tahap II sebesar 40 persen, dan tahap III 20 persen.

Periode pencairan tahap I pun masih sama. Yakni, bulan pertama 15 persen, bulan kedua 15 persen, dan bulan ketiga 10 persen.

Saat ini, baru sekitar 57 ribu desa dari 75 ribu desa yang merealisasikan penyaluran dana desa. Guna mengejar ketertinggalan ini, pemerintah membuka kemungkinan untuk penyaluran lebih dari 1 kali dalam 1 bulan.

“Harapan kita, dana desa ini uangnya sudah tersedia di desa. Tinggal desanya bisa kelola bagi orang orang yang berhak,” pungkasnya. (jpc/fajar)

Bagikan berita ini:
3
6
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar