Lebaran, Paramitha Rusady Sudah Tak Berpikir Nastar dan Ketupat

Paramitha Rusady. (Instagram)

FAJAR.CO.ID — Paramitha Rusady antusias menyambut lebaran Idul Fitri. Dia bahagia karena selama satu bulan bulan penuh sudah berusaha melaksanakan ibadah Ramadan tahun ini sebaik mungkin. Sejumlah amal ibadah sudah berusaha dimaksimalkan perempuan kelahiran Makassar, 11 Agustus itu.

Sekalipun antusias mendekati lebaran, Paramitha Rusady tidak menyambutnya seperti tahun-tahun sebelumnya. Dia tidak menyiapkan baju lebaran, kue, ketupat, dan lain-lain. Apalagi Ramadan tahun ini terasa sangat berbeda dijalani di tengah pandemi Covid-19 oleh umat Islam di seluruh dunia.

“Saya tidak lagi berpikir tentang nastar, tidak berpikir lagi tentang ketupat lebaran, itu bukan yang utama lagi. Yang penting kita membersihkan hati, ibadah yang benar, saling bermaafan. Tulus kita memaafkan orang. Jangan pernah tidur sebelum kita memaafkan musuh kita,” kata Paramitha Rusady.

Setiap tahun dia biasanya selalu mudik ke Sumedang untuk bertemu dengan keluarga di sana. Akan tetapi di tahun ini dia tidak melakukannya. Paramitha Rusady lebih mengikuti anjuran dari pemerintah untuk tidak mudik demi keselamatan diri dan keluarga dari Covid-19.

Sekalipun tidak mudik lebaran, bukan berarti tradisi lebaran seperti silaturahmi dan saling bermaafan tidak dilakukannya. Paramitha Rusady tetap melakukan hal tersebut dengan memanfaatkan aplikasi videocall. Kemajuan teknologi membuatnya bisa tetap terhubung dengan keluarga.

“Acara silaturahim, salaman, sungkeman tetap harus kita laksanakan,” katapemeran Bu Dewi dalam film Untuk Angeline. (jpc/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar