Modus Korupsi Ventilator Terbongkar, Menteri Kesehatan Ditangkap

Ilustrasi ventilator. KSP menyebut sebagai kerja sama menguntungkan antara Indonesia dan Amerika Serikat setelah Donald Trump siap mengirim ventilator ke tanah air (MarketWatch)

FAJAR.CO.ID, LA PAZ – Menteri Kesehatan Bolivia Marcelo Navajas ditangkap kepolisian setempat terkait kasus korupsi pengadaan ventilator. Dia diduga menggelembungkan harga peralatan medis yang sangat diperlukan untuk perawatan pasien COVID-19 itu.

Polisi mengangkap Navajas di La Paz, Rabu (20/5). Tak lama kemudian, menteri korup itu pun dipecat oleh presiden interim Jeanine Anez.

Pemerintah Bolivia telah menganggarkan USD5 juta untuk membeli 179 ventilator dari sebuah perusahaan di Spanyol. Namun, belakangan terungkap bahwa produsen sebenarnya hanya meminta USD2,1 juta untuk alat bantu pernapasan itu.

Untungnya, pemerintah Bolivia baru membayar USD2 juta kepada perusahaan Spanyol itu. “Kami tidak akan membayar lagi satu sen pun,” tegas Anez dalam twitnya kemarin.

Bolivia sejauh ini sudah melaporkan 4.500 kasus dan 190 kematian akibat virus corona. Sejak 17 Maret lalu, pemerintah memberlakukan lockdown untuk seluruh wilayah negara Amerika Latin tersebut. (afp/jpnn/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...