Pastikan Pangan Tersedia, Petani Percepat Tanam Padi

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, BIMA – Demi memastikan ketersediaan pangan, para petani di Desa Karumbu, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, NTB, melakukan percepatan tanam. Situasi pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat petani untuk menanam.

Kegiatan tanam padi para petani di Desa Karumbu dilaksanakan dengan total sasaran tanam seluas 150 hektare (ha). Secara umum padi yang ditanam adalah varietas Mekongga, Ciherang, dan Inpari 32.

Menurut PPL Nuryani, kegiatan penanaman ini dilakukan memenuhi pangan masyarakat. “Selain itu juga sebagai upaya mendukung kegiatan Percepatan Tanam untuk Musim Tanam II (Periode April – Juli Tahun 2020),” kata Nuryani, didampingi staf lapangan Sri Wahyuni, Kamis (21/05/2020).

Desa Karumbu berjarak sekitar 54 km dari Kota Bima dan menjadi salah satu desa pelaksana Program IPDMIP yang termasuk dalam kawasan Daerah Irigasi Diwu Sadundu. Pada tahun 2019, para petani yang berasal dari beberapa poktan di desa tersebut telah mengikuti kegiatan Sekolah Lapang (SL) yang difasilitasi Program IPDMIP.

Salah satu diantaranya adalah Poktan La U’a yang memiliki anggota sebanyak 54 orang dengan target tanam pada MT II 2020 ini seluas 17,30 ha.

Berdasarkan data lapangan bahwa dari 54 petani anggota Poktan La U’a, 25 orang diantaranya merupakan alumni peserta kegiatan SL Program IPDMIP Tahun 2019, dimana sekitar 24 % petani alumni SL tersebut telah menerapkan teknologi Jarwo di lahan usaha taninya.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar