Pertama Kali dalam 60 Tahun Masamba Mandiri Pangan

FOTO: ISTIMEWA

Fajar.co.id, Luwu Utara — Untuk pertama kalinya dalam 60 tahun terakhir, masyarakat dusun Saluseba, Desa Pincara, Kecamatan Masamba mandiri pangan setelah panen padi di lahan seluas 6 Ha.

Melalui program “Semalam di Desa”, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani beserta jajarannya melakukan kunjungan untuk menjawab permasalahan masyarakat. Hasilnya menghadirkan cetak sawah seluas 6 Ha.

Meski aksesnya yang masih cukup sulit, bukanlah menjadi hambatan untuk mewujudkan kemandirian pangan.

Kini masyarakat dusun Saluseba telah menikmati hasilnya. Tepat 21 mei 2020, petani padi dusun Saluseba telah memasuki musim panen periode ketiga. Hal ini disampaikan oleh penyuluh pendamping, Ilham. Ia mengatakan, panen ketiga ini menghasilkan 5,2 ton / Ha.

“Total ada 7 Ha lahan yang di panen. Ada penambahan 1 Ha lahan setelah sebelumnya sekitar 6 Ha. Ini merupakan hal yang patut disyukuri karen adanya peningkatan yang cukup signifikan,” katanya.

Ilham menambahkan, untuk memasuki musim tanam selanjutnya, dibutuhkan pembaharuan bibit.

“Rencananya sebulan kedepan masyarakat akan turun ke sawah lagi. Namun dibutuhkan pembaharuan bibit. Bibit yang tersedia saat ini sudah menurun kualitasnya setelah melewati tiga periode panen,” tutupnya. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...