Transparansi Uji Publik Penerima BLT-DD, IDP Apresiasi Pemerintah Kecamatan Sultan

Indah Putri Indriani

Fajar.co.id, Luwu Utara — Bupati Luwu Utara , Indah Putri Indriani mengapresiasi langkah Pemerintah Kecamatan Sukamaju Selatan (Sultan) yang melakukan uji publik penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Apresiasi disampaikan Bupati Indah saat menyampaikan arahan sesaat setelah menyerahkan secara simbolis BLT-DD di Desa Wonokerto dan Desa Pao Macang, Rabu (20/5) pagi tadi di kantor desa.

“Saya mendapat laporan dari Camat, Pak Anjas, bahwa telah dilakukan uji publik penerima manfaat BLT-DD sebanyak dua kali yakni 5 hari di tingkat desa dan 2 hari di tingkat kecamatan. Selama uji publik ini, masyarakat boleh melakukan klarifikasi pada data yang disampaikan sebelum ditetapkan dalam bentuk Surat Keputusan. Atas keterbukaan informasi publik ini, saya atas nama Pemda Luwu Utara mengapresiasi langkah transparansi yang dilakukan pak camat beserta jajaran hingga tingkat desa. Mudah-mudahan menjadi contoh bagi yang lain,” terang bupati yang karib disapa IDP ini.

Dengan adanya uji publik tersebut, IDP berharap semua KPM memang bersyarat dan berhak menerima bantuan.

“Kita juga berharap tak ada bantuan yang double pada masyarakat. Sebab sesuai regulasi, tiap KPM hanya berhak mendapat 1 jenis bantuan sosial,” pungkas IDP.

Sementara itu, dilaporkan Kepala Dinas PMD, Misbah, untuk Desa Wonokerto, penerima BLT-DD sebanyak 178 KPM dari total 994 KK.

“Dari 994 KK di Desa Wonokerto, total yang mendapat bantuan sosial (PKH, BPNT, BST, BLT) adalah 503 KK atau 54%. Sementara di Desa Pao Macang 248 KK dari 279 KK mendapat bansos atau jika dipersentasekan mencapai 88%. Kami berharap pelaksanaan BLT-DD ini dapat dimonitoring dan dievaluasi oleh BPD, Camat, dan Inspektorat,” pinta Misbah.

Selain di Kecamatan Sukamaju Selatan, IDP juga menyerahkan BLT-DD di Desa Pongko dan Desa Sadar Kecamatan Bone-bone. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...