Gelar Webinar, ISMS Perkenalkan Aplikasi Pelacak Covid-19

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Indonesian Strategic Management Society (ISMS) menggelar Webinar dengan tema, Big Data Strategy: Ist Role in Flattening The Curve Of Covid-19, Kamis, (21/5/2020).

Acara tersebut menghadirkan tiga narasumber, yaitu, Manerep Pasaribu (Author Big Data), Komang B Aryasa (PT Telekomunikasi Indonesia), dan Meiditomo Sutyarjoko (PT Bank Rakyat Indonesia).

President ISMS, Sari Wahyuni, mengatakan, Webinar ini sebagai bentuk edukasi atau penyebaran pengetahuan ke masyarakat tentang penyebaran covid 19 berdasarkan data yang ada shg dpt memberikan masukan kepada stakeholder(pemerintah, masyarakat dan pihak2 yg berkepentingan) untuk mengambil keputusan.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, ISMS juga memperkenalkan aplikasi ‘Peduli Lindungi’ yaitu aplikasi pelacak covid 19 yang diciptakan oleh member ISMS, Dr. Komang B. Aryasa.

“Selagi stay di rumah kita harus tahu ada beberapa tools yang meski kita pakai dalam memutus mata rantai covid 19. Bukan hanya masyarakat tetapi juga pemerintah itu bisa menggunakan datanya,” Kata Sari.

“Dengan software ini Pemerintah bisa melacak masyarakat yang patuh atau tidak dalam menjalankan sosial distancing,” sambungnya.

PeduliLindungi menggunakan data yang diproduksi oleh gawai dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika ada gawai lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, akan terjadi pertukaran ID anonim yang akan direkam oleh masing-masing gawai.

Komentar

Loading...