Kilah Wapres Ma’ruf Amin di Balik Sulitnya Pemerintah Atasi Covid-19

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengaku kesulitan dalam membendung laju persebaran virus Corona di tanah air. Ia berkilah jumlah penduduk Indonesia yang besar dibanding negara-negara ASEAN lainnya menjadi faktor utama sulitnya menghadapi virus ganas ini.

“Kami pemerintah mohon maaf karena memang bahaya belum hilang, bahaya corona ini belum hilang. Untuk menghilangkan ini bukan sesuatu yang mudah. Karena Indonesia ini, selain corona juga merupakan virus yang sulit dihadapi, kita bangsa Indonesia itu memiliki jumlah penduduk yang besar dibanding negara-negara ASEAN lainnya,” ujar Ma’ruf dalam channel Youtube BNPB, Kamis (21/5/2020).

Selain terkait jumlah penduduk, Ma’ruf Amin juga menilai wilayah Indonesia yang luas turut menyulitkan pemerintah menangani pandemi ini. “Wilayah kita juga sangat luas dari Sabang sampai Merauke, ini juga kesulitan tersendiri,” ungkap Ma’ruf.

Fokus pemerintah di samping memerangi Corona adalah merelaksasi perekonomian dalam negeri sebelum akhirnya benar-benar terjerembab. Ia menyatakan dalam waktu dekat pemerintah akan menggulirkan kembali kegiatan perekonomian agar bisa kembali seperti semula.

“Pemulihan ekonomi Insyaallah beberapa waktu yang akan datang akan coba digulirkan supaya ekonomi yang terdampak ini bisa kembali lagi. Dengan tetap menjaga kesehatan masyarakat, dengan tetap berusaha untuk mengendalikan dan menghilangkan Covid-19, tetapi bagaimana ekonomi bisa tumbuh ini bagian dari tanggung jawab pemerintah yang sedang dirancang,” tegas dia.

Hal lain yang dipesankan mantan Rais Aam PBNU itu adalah pelaksanaan Salat Idul Fitri di tengah pandemi akan lebih baik dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga inti demi menghalau penularan Covid-19.

“Pemerintah meminta supaya masyarakat merayakan Idul Fitri di rumah, tidak di masjid atau di lapangan terbuka, karena situasi keadaan negara kita masih menghadapi bahaya COVID-19. Oleh karena itu masih perlu adanya mencegah terkumpulnya massa yang banyak untuk mencegah penularan COVID-19,” pungkas Wapres Ma’ruf. (endra/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad

Comment

Loading...