Penataan Parkir Sekitar Balaikota, Pemkot Makassar Ingin Beri Contoh Baik

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus melakukan pembenahan di bawah nahkoda Pj Walikota baru Yusran Jusuf.

Yang terbaru, Pemkot mulai melakukan penataan parkir di kawasan Balaikota. Hal tersebut dilakukan agar mengurangi kesemrawutan yang sudah lama terjadi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar, Mario Said mengatakan, penataan ini dilakukan sesuai arahan Pj Walikota. Ia meminta perparkiran di sekitar kantor pusat pemerintahan tidak terabaikan dan memberi kesan semrawut. Parkir di Balaikota harus menjadi contoh ke masyarakat.

“Di Jl Slamet Riyadi itu kita alihkan sementara masuk ke dalam area kantor. Apalagi kan masih diterapkan work from home. Jadi kendaraan sepi. Sambil kita menunggu regulasinya disiapkan,” kata Mario, Jumat (22/5/2020).

Hasilnya, parkiran Balaikota di Jalan Slamet Riyadi yang biasanya sesak akan kendaraan rorda empat maupun roda dua tak ditemukan lagi. Tak satupun kendaraan terparkir di area tersebut. Sudah ada tali pembatas sebagai penanda.

Tak hanya itu, di depan kantor Balaikota Jl Ahmad Yani, tak lagi terlihat kendaraan yang parkir sembarangan. Demikian halnya di Jalan Balaikota, kendaraan roda dua yang biasanya mengambil setengah bahu jalan sudah digeser ke samping museum kota.

Kemudian, lanjut Mario, salah satu opsi yang akan dilakukan bila aktivitas perkantoran kembali normal, yakni dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong sebagai sarana parkir baru.

“Kita masih tunggu seperti apa kebijakan Pak Wali. Yang jelas, perparkiran Balaikota ini terus akan kita awasi. Ada petugas dishub yang standby akan melakukan pengawasan,” tambahnya.

Sebelumnya, Pj Walikota Makassar, Yusran Jusuf mengatakan, khusus di balaikota, yang dapat memarkirkan kendaraannya hanya eselon II sampai eselon III.

“Khusus di balaikota nanti yang boleh parkir disana tidak semua, jadi hanya level Kepala Dinas sampai Eselon III parkir disana,” kata Yusran, di Balaikota Makassar, Rabu (20/5/2020). (ikbal/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan

Comment

Loading...