Pertama di Indonesia, UTD PMI Kota Makassar Lakukan Plasma Konvalesen

Foto: Istimewa

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar yang tergabung dalam Tim Plasma Konvalesen Makassar melakukan pengambilan plasma darah atau yang dikenal dengan Plasma Konvalesen di Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI, Jalan Kandea No 16 Makassar, Jumat (22/5/2020).

Tim ini terdiri dari UTD PMI Kota Makassar, RSWS, RS Unhas, dan Dinkes Provinsi Sulawesi Selatan.

Khudry Arsyad menuturkan, UTD PMI Kota Makassar menjadi UTD PMI pertama di seluruh Indonesia yang melakukan prosedur pengambilan plasma konvalesen.

"Ini adalah pengambilan plasma konvalesen perdana di Sulawesi.

Plasma konvalesen ini nantinya akan digunakan sebagai salah satu alternatif terapi terhadap pasien Covid-19 yang dirawat di RS." tuturnya.

Dia menerangkan, plasma konvalesen ini diambil dari darah orang yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 untuk kemudian disuntikkan ke aliran darah pasien Covid-19.

"Pendonor merupakan mantan pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh setelah memperoleh 2 kali hasil negatif pada pemeriksaan PCR dan tidak ada gejala yang timbul sejak 14 hari dinyatakan negatif dari Covid-19," ungkap Khudry yang juga Wakil Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Makassar.

Lanjut dia, menjadi pendonor tidaklah mudah. Hampir seperti donor reguler, banyak prosedur yang harus diikuti.

"Pendonor harus benar-benar sehat, dalam waktu 14 sampai 29 hari tidak sakit, pernah mendonorkan darah, berusia 17-60 tahun dan harus bebas dari empat penyakit menular, yaitu HIV, hepatitis B, hepatitis C, dan hepafilis," katanya saat ditemui di UTD PMI Kota Makassar.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...