Soal Salat Id, Ini Maklumat Pemkot

Maklumat Pemkot Kediri (Ilustrasi: Afrizal - radarkediri)

FAJAR.CO.ID,KEDIRI– Lengkap sudah suasana berbeda pelaksanaan ibadah Ramadan dan Idul Fitri tahun ini bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini tak ada lagi salat id berjamaah di masjid ataupun tanah lapang.

Juga, tak ada lagi acara anjang sana ke rumah tetangga atau sanak famili. Setidaknya bila imbauan dari Pemkot Kediri ini dipatuhi warganya.

Sebab, kemarin pemkot resmi mengeluarkan maklumat. Maklumat itu dibuat bersama dengan organisasi masyarakat (ormas) Islam serta petugas keamanan. Isinya meminta agar warga tidak melaksanakan salat Id baik di lapangan maupun di masjid. Termasuk tidak melakukan halal bi halal dan silaturahmi.

Soal maklumat itu dijelaskan langsung oleh Wali Kota Abdullah Abu Bakar. Tujuan maklumat itu adalah untuk mencegah serta memutus rantai penyebaran Covid-19. Dia berharap warga mengikuti dan mematuhi imbauan tersebut.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Kediri, agar diikuti,” harap Abu.

Selama ini ada tradisi bila Lebaran selalu ramai. Warga beranjangsana ke rumah-rumah. “Ini akan kita tiadakan. Karena di Kota Kediri banyak OTG yang mereka ini menjadi carrier. Warga kita banyak yang sepuh. Ini yang akan kita jaga,” tandas Abu.

Beberapa tokoh keagamaan datang saat penandatanganan maklumat. Seperti perwakilan MUI Nur Ahid, perwakilan Kemenag Imron Rosadi, Ketua PD DMI dan Ketua PCNU Kota Kediri Abu Bakar Abdul Jalil, serta Ketua PD Muhammadiyah Fauzan Saleh.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar