Waktu Rawan Desak-desakan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR --PSBB Makassar berakhir ini, seiring dengan beroperasinya mal dan pusat belanja. Desakan-desakan warga potensial terjadi.

Pemkot Makassar juga tak memperpanjang Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB), yang telah dilaksanakan selama dua kali dua pekan.

Selain warga Makassar, pusat perbelanjaan juga dikhawatirkan akan "diserbu" warga dari daerah. Menyusul telah longgarnya akses lalu lintas.

Di sisi lain, sebagian warga dari Kota Makassar juga diprediksi akan mudik ke daerah hari ini atau besok.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono mengatakan ratusan personel tersebut akan menjaga di 12 titik. Khususnya di area banyak masyarakat beraktivitas. "Personel bertugas di pos pengamanan masing-masing," katanya, Kamis, 21 Mei.

Seluruh personel diinstruksikan agar mengutamakan standar pengamanan demi mencegah penularan Covid-19. Hal itu mengacu pada sistem Operasi Aman Nusa II. Proses pemantauan hingga pengecekan kondisi kesehatan masyarakat akan diterapkan.

Apalagi, penerapan PSBB tahap kedua berakhir Jumat, 22 Mei hari ini. Artinya, masyarakat diprediksi akan banyak beraktivitas di lluar rumah utamanya melakukan kunjungan ke mal dan sejumlah pasar.

Untuk itu, pihak mal dan pasar juga diminta tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Selian itu, warga yang ingin masuk ke tempat tersebut diwajibkan mengenakan masker, cuci tangan, dan selalu menjaga jarak minimal satu meter setengah.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...