Waktu Rawan Desak-desakan

  • Bagikan

“Pengamanan jelang Lebaran tahun ini hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Kami juga memantau aktivitas kendaraan jangan sampai ada kemacetan,” ungkapnya.

Jaga Mudik

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan pengetatan di setiap pintu keluar masuk berlaku untuk pencegahan masyarakat yang hendak mudik. “Pengamannya ketat. Karena setiap daerah ada pos pam,” katanya.

Untuk itu, ia berharap masyarakat menjaga kesehatan dan menghindari bepergian yang tidak begitu penting. “Kesehatan itu utama. Untuk itu kami berharap masyarakat bisa menahan diri untuk tidak mudik,” imbuhnya.

Protokol Id

Sejauh ini pemerintah tak membolehkan pelaksanaan salat Id di masjid maupun lapangan. Terutama di Makassar yang menjadi episentrum utama penyebaran Covid-19 di Sulsel.

Penjabat Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf mengatakan, koordinasi dengan lurah dan camat serta tim gugus terus dilakukan. Ini untuk memastikan masjid mana saja yang akan gelar salat Id. Meski ada imbauan tak boleh, dikhawatirkan tetap ada yang melakukan.

“Kami sudah antisipasi sekiranya ada yang laksanakan di masjid. Pertama kita komunikasi dengan pihak pengurus masjidnya. Jika memang mau gelar salat Id, maka dilakukan sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

Tim gugus atau petugas gabungan akan disiagakan di masjid. Bahkan, rumah ibadah harus steril atau bersih sebelum jemaah datang. “Lalu petugas juga harus memastikan semua jemaah pakai masker dan diperiksa suhu tubuhnya,” terang dia.

  • Bagikan