Waktu Rawan Desak-desakan

  • Bagikan

Imbauan agar salat Id di rumah saja telah dilaksanakan dengan maksimal. Karena sifatnya hanya imbauan, Yusran pun tak bisa melarang jika memang ada warga yang ingin gelar salat Id di masjid.

“Kami juga sudah koordinasi dengan camat dan lurah. Dan terus dipantau masjid mana saja yang akan gelar salat Id. Ini agar petugas sudah siaga dan tim sudah siap saat akan turun langsung ke masjid lakukan pengawasan,” terang Yusran.

Camat dan lurah juga harus mampu memetakan lokasi masjid dan jumlah jemaah yang ada di area tersebut. Yusran juga memastikan agar tak terjadi percampuran jemaah dari wilayah yang berbeda.

“Artinya jika masjidnya di kompleks situ, maka jemaahnya harus berasal dari wilayah itu juga. Jadi kita juga bisa kontrol,” katanya.

Yusran juga yakin kapasitas masjid dan jumlah jemaah seimbang. Artinya tidak membeludak dan memaksa jemaah meluber dan berdesak-desakan. “Itu juga sudah kita perhitungkan. Dan jemaah juga diimbau bawa sajadah dari rumah karena masjid saat gelar salat Id tak boleh gelar karpet,” ungkap dia.

Pemudik Datang

Kemarin, sebanyak 95 warga dari Samarinda kembali berlabuh di Pelabuhan Nusantara, Parepare. Mereka akan mudik ke Pinrang, Sidrap, dan Enrekang.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Parepare Halwatiah mengatakan setelah dilakukannya pengecekan ulang ke-95 warga ini sehat. Suhu tubuh normal.

  • Bagikan