Jelang Idulfitri, Harga Ayam Kampung 100 Ribu Paling Murah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Menjelang hari raya Idulfitri, sejumlah harga bahan pokok di pasaran mengalami lonjakan harga. 

Dirut PD Pasar Makassar Raya, Basdir, mengatakan, kenaikan tersebut akibat meningkatnya jumlah permintaan konsumen di pasaran. 

“Sekarang harga daging yang agak melambung, mencapai Rp130 ribu perkilo kemudian yang agak naik itu ayam kampung itu biasanya di angka 60 75 per ekor ini sudah mulai naik di angka 100 ribu per ekor paling murah,” kata Basdir, Sabtu (23/5/2020).

Tak hanya itu, kata Basdir, harga gula juga terus mengalami kenaikan. Harganya tidak pernah turun sejak beberapa bulan lalu. 

“Kemudian harga gula juga naik, di angka dari 16 sampai sekitaran 18 ribu,” lanjutnya. 

Untuk mengatasi kenaikan harga tersebut, PD Pasar bersama Dinas Perdangan (Disdag)Kota Makassar kemudian melakukan operasi pasar dengan menurunkan sejumlah mobil berisi bahan pokok. 

“Ada mobilnya standby di beberapa pasar, dia jual gula itu harganya di 12 ribu stengah, jadi adami operasi pasar untuk antisipasi itu,” ungkap Basdir.

Jadi dia bawa mobil truk yang isinya bahan pokok dia jual umum ke warga supaya warga tidak masuk ke pedagang yang menaikkan harga, bebernya. 

Lebih lanjut kata Basdir, sudah ada beberapa pasar yang didatangi oleh mobil Disdag tersebut. Sebut saja Pasar Pabaeng baeng, dan Pasar Toddopuli. 

“Dalam satu hari 6 pasar induk yang disasar oleh Disdag, jadi langsung banyak,” tuturnya.

Sementara, selain harga daging, ayam kampung, dan gula pasir, harga bahan pokok lainnya masih normal sampai sekarang. (ikbal/fajar) 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi

Comment

Loading...