Kedatangan Penumpang H+1 Lebaran Dikhawatirkan Bawa Carrier ke Pelabuhan Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Sejumlah pendatang yang akan tiba di Kota Makassar melalui jalur laut di Pelabuhan Soekarno - Hatta, sepertinya harus diperiksa terlebih dahulu, sebelum menginjakkan kakinya di kota berjuluk Anging Mammiri ini.

Wakapolres Pelabuhan Makassar, Kompol Nugraha mengaku was-was dengan kedatanagan para penumpang kapal. Hal itu dikhawatirkan akan membawa seorang carrier, dan menyebarkan virus dalam tubuhnya ke orang di sekitarnya.

"Langkah-langkahnya kita tetap berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Seperti Satpol PP dan Dinas Kesehatan," katanya kepada wartawan, Minggu (24/5/2020).

"Terutama kita lakukan physical distancing, dan juga menyiapkan alat-alat kesehatan yang steril. Jangan sampai ada carrier dari penumpang yang akan menepi, menyebarkan virus ke daerah tujuannya," sambung perwira berpangkat satu bunga ini.

Apalagi menurut dia, H + 1 pada momen lebaran tahun ini dikhawatirkan akan terus menambah jumlah orang yang dinyatakan postif Covid-19. Keberadaan seorang carrier yang terjangkit virus namun tanpa gejala, lebih memudahkan virus dari China tersebut dapat menyebar.

Olehnya itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak pulang kampung untuk sementara waktu, sampai pandemi Covid-19 telah mereda dan selesai dalam waktu yang belum diketahui. (ishak/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...