Pemkot Siapkan Alat Pendeteksi Covid 19 Baru, Lebih Cepat, Lebih Akurat, dan Murah 

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Makassar bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah menyiapkan alat tes baru untuk mendeteksi secara dini masyarakat yang kemungkinan terinfeksi virus covid 19.

Humas IDI Makassar, dr Wachyudi Muchsin menuturkan, alat tersebut bernama Tes Cepat Molekuler (TCM). Dinilai lebih efektif daripada rapid test dan test swab yang selama ini dipakai Pemkot Makassar. 

“Kami sementara mengupayakan alat pendeteksi covid 19 yang namanya Tes Cepat Molekuler (TCM). Penggunaan sudah dilakukan di beberapa daerah kayak di Palopo dan Soppeng,” kata Wachyudi, Sabtu (23/5/2020).

“Sementara pemerintah pusat juga sudah melakukan hal yang sama karena hasilnya 1 sampai 2 jam sudah bisa diketahui hasilnya. Lebih cepat daripada tes swab,” sambungnya. 

Menurut Wachyudi, dari segi keakuratan, TCM tak perlu diragukan lagi. Bahkan harganya lebih murah daripada test swab. Selain itu penggunaannya lebih mudah. 

“Kendala selama ini adalah orang dirapid test ternyata akurasiya tidak maksimal, untuk tcm sangat akurat dan cepat dan bisa dilakukan oleh tenang medis yang bukan dokter bisa melakukan kayak perawat laboratorium dan sebagainya,” tuturnya. 

Sementara di Kota Makassar, penggunaan TCM ini akan segera dilakukan Pemkot Makassar.” Baru mau diterapkan oleh pak Wali itu hasil dengan diskusi IDI dengan pak Wali (Yusran Jusuf),” terangnya. 

Diketahui, TCM merupakan produksi luar negeri dan pemerintah pusat telah memesan sebanyak 1500 buah untuk didistribusikan di beberapa kota. (ikbal/fajar) 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi

Comment

Loading...