Tak Ditemukan yang Mudik Tapi Banyak Remaja Kabur, Disangka Bakal Dirazia Lagi

FAJAR.CO.ID, GOWA – Kondisi arus lalu lintas di Jalan Sultan Hasanuddin, Kabupaten Gowa sangat ramai dan lancar, di malam takbiran ini. Aparat gabungan yang sedang bertugas di jalan provinsi itu, membuat beberapa pengendara putar arah.

Kendaraan roda dua maupun empat terpaksa kembali ke arah sebelumnya yang ia lewati, lantaran petugas di sana sedang menutup sebagian jalur kendaraan yang melintas dari arah Kabupaten Gowa, menuju Kota Makassar. Begitupun dari arah sebaliknya.

“Kendaraan dari Gowa ke Makassar, kita alihkan untuk mengurangi volume kendaraan yang meningkat. Terutama dari arah Makassar ke Kabupaten Gowa. Setiap lima menit kami buka dan tutup jalur bagi kendaraan dan dialihkan ke jalan lain,” kata Kanit Turjawali Sat Sabhara Polres Gowa, Ipda Anwar kepada wartawan, Sabtu (23/5/2020).

Selama memantau arus lalu lintas di jalan itu, Anwar mengaku sama sekali tidak menemukan pengendara yang melintas untuk keperluan mudik. Hanya saja yang didapat adalah pengendara yang hendak mencari kebutuhannya.

“Sampai saat ini kami tidak temukan pengendara yang hendak mudik,” tambahnya.

Di sisi lain dari pengamanan malam takbiran itu, pihaknya masih banyak menemukan pengendara yang keluyuran tidak menggunakan masker. Meski aturan PSBB di Butta Bersejarah ini telah selesai pada 17 Mei 2020 kemarin, pemerintah setempat mengharapkan kepada seluruh masyarakatnya untuk tetap menggunakan masker, tanpa harus lagi dipaksa dan diperintahkan oleh petugas.

Pantauan di lokasi, pengendara yang kedapatan tidak menggunakan masker adalah kaum remaja. Bahkan adapula yang kedapatan berboncengan tiga dalam satu motor. Hal itu tentu melanggar aturan untuk menjaga physical distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Mereka yang kedapatan tidak menggunakan masker dan berboncengan tiga, hendak lari dari pantauan petugas dan langsung putar arah. Mereka takut akan terjaring operasi saat PSBB di Kabupaten Gowa masih diteapkan, yang mana mereka yang tidak menggunakan masker, langsung dibawa ke Polres Gowa untuk menjalani rapid test hingga waktu menjelang sahur.

“Pengendara yang tidak pakai masker tetap akan dihimbau. Karena sekarang masih Covid-19, jadi kami juga pantau dan menegur yang tidak pakai,” jelas perwira berpangkat satu balok ini. (ishak/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan

Comment

Loading...