Mari Berpuasa Syawal, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

FAJAR.CO.ID -- Setelah merayakan Idulfitri 1441 H, di bulan Syawal umat muslim disunahkan melaksanakan ibadah Puasa Syawal. Sunah Puasa Syawal dikerjakan selama 6 hari.

Hari ini tepat 2 Syawal 1441 H umat muslim sudah dapat melaksanakan puasa sunah Syawal yang sama nilainya berpuasa selama 1 tahun. Sama seperti hadis riwayat Muslim yang artinya 'Barangsiapa berpuasa penuh di bulan ramadan lalu menyambungnya dengan (puasa) enam hari di bulan syawal, maka pahalanya seperti berpuasa selama satu tahun' (HR Muslim).

Menjalankan ibadah puasa baik puasa di bulan suci ramadhan, puasa syawal, puasa senin kamis dan puasa puasa sunah lainnya, nyatanya mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan. Tidak hanya kesehatan fisik namun juga psikologis. Hal tersebut diungkapkan Prof dr Hasbullah Thabrany Pakar Kesehatan Masyarakat saat dikonfirmasi pada Senin (25/5/2020).

"Secara umum puasa akan meningkatkan daya tahan tubuh kesehatan kita, karena dengan puasa badan kita dilatih misalnya untuk mengendalikan penggunaan gula darah, sehingga kita tidak mempunyai kadar gula daya tinggi karena makan kita terbatas, kita juga bisa terhindar penyakit maag karena makan kita lebih teratur baik," ucap dosen Universitas Indonesia itu kepada fajar.co.id.

Lebih jauh, kata dia, bulan syawal menjadi bulan yang tepat untuk melaksanakan ibadah puasa sunah selama 6 hari pasalnya dari segi kesehatan psikologis seseorang mampu menahan nafsu makan dikarenakan banyaknya makanan setelah hari raya seperti daging dan ayam serta dapat menahan lapar dan haus pada siang hari.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...