Mesin TCM Deteksi Covid-19 di Bone Terkendala Catridge

Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID, BONE -- Bone sudah bisa melakukan swab test. Apalagi sudah memiliki mesin Tes Cepat Molekuler (TCM). Sisa menunggu catridge dari Kementerian Kesehatan. 

Mesin yang memiliki keakuratan sama dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) pada tes Swab tersebut sudah berada di RSUD Tenriawaru. "Selama ini alat itu sudah ada beberapa tahun yang lalu memang dipakai untuk pemeriksaan diagnosis TBC," kata Jubir PPC-19 Bone, Dokter Yusuf Tolo Senin (25/5/2020).

Kata dia, mesin TCM tersebut juga bisa banyak manfaatnya, tergantung catridgenya itu. Kalau catridge untuk periksa TBC, bisa periksa TBC. Kalau catridge HIV bisa periksa HIV. Sekarang Kemenkes lagi mengembangkan untuk pemeriksaan PCR Covid-19.

"Kalau di Bone yang paling memungkinkan adalah RSUD Tenriawaru. Sama persis dengan alat yang di Parepare. Namun, catridgenya ini terbatas negara yang memproduksinya. Tetap akan dioperasikan, cuman kepastian kapan beroperasinya belum ada," tambahnya. 

Yusuf menerangkan, saat ini sementara proses, Kemenkes sudah mendata semua mesin TCM yang tersebar di seluruh Indonesia. "Kita berharap mudah-mudahan dalam waktu dekat. Kalau catridgenya ada langsung beroperasi. Langsung kita bisa melakukan swab test," sebutnya. 

Sementara Anggota Komisi E DPRD Sulsel, Andi Irwandi Natsir menerangkan, mesin TCM ini diharapkan dapat memberikan hasil cepat untuk mengidentifikasi positif atau negatifnya pasien Covid-19. 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...