Saat Lebaran, 37 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

ILUSTRASI. DOK.FAJAR

FAJAR.CO.ID -- Terdapat total 37.878 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui arah timur, barat, dan arah selatan, pada hari pertama Lebaran 2020. Itu berdasarkan data yang diungkap PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

”Volume lalu lintas (lalin) pada H-1 Lebaran yang meninggalkan Jakarta ini turun 81 persen dibandingkan dengan lalin periode yang sama tahun lalu,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru dalam keterangannya pada Senin (25/5).

Dwimawan menjelaskan, untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jakarta dari ketiga arah adalah sebesar 25 persen dari arah timur, 31 persen dari arah barat, dan 45 persen dari arah selatan.

Lalin di GT Cikampek Utama 1 dengan jumlah 5.117 kendaraan meninggalkan Jakarta, turun 93 persen dari Lebaran tahun lalu. GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 4.193 kendaraan meninggalkan Jakarta, turun 91 persen dari Lebaran 2019. ”Total kendaraan meninggalkan Jakarta dari arah timur sebanyak 9.310 kendaraan, turun 92 persen dari tahun lalu,” tutur Dwimawan.

Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari arah barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Merak–Tangerang sebanyak 11.665 kendaraan, turun 71 persen dari Lebaran tahun lalu. Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari arah selatan atau Lokal melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 16.903 kendaraan, turun 53 persen dari tahun lalu.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...