Warga Binaan di Lapas Narkotika Gowa Dapat Remisi

FAJAR.CO.ID, GOWA - Momen lebaran lebaran jadi impian. Warga binaan di Lapas Narkotika Kelas II A, Kabupaten Gowa mendapat pengurangan masa tahanan. 

Kepala Pengamanan Lapas Narkotika Kelas II A, Suwandi mengatakan, dari 1010 jumlah warga binaan yang ada di lapas, setengah diantaranya mendapat remisi. 

"Isi penghuni sekarang sebanyak 1010 orang. Remisi Khusus (RK) I sebanyak 558 orang, dan RK II sedikitnya satu orang," katanya kepada Fajar.co.id, Senin (25/5/2020). 

Sedangkan warga binaan yang belum bisa mendapat remisi, pihak lapas berupaya agar mereka tak berkecil hati. Di momen lebaran tahun ini, warga binaan diperbolehkan bertemu dengan sanak keluarganya melalui jaringan. 

Pihaknya menyediakan perangkat komputer dan layanan internet, agar dipakai warga binaannya untuk video call atau panggilan video. 

"Tidak bisa dulu membesuk selama pandemi ini. Apalagi pasca lebaran. Warga binaan kami hanya bisa video call dengan keluarganya menggunakan internet, PC, dan perangkat lain yang telah kami sediakan," tambah Suwandi. 

Namun itu bukan berarti para keluarga warga binaannya tak bisa datang ke lapas. Para pembesuk diperbolehkan datang, tetapi hanya pada saat membawa makanan.

Itu pun makanan yang ia bawakan untuk keluarganya yang ditahan dalam lapas harus steril dalam akan diperiksa oleh petugas. Pembesuk hanya menitip makanan yang ia bawa kepada petugas. Setelah itu, petugas yang membawakan makanan tersebut ke warga binaam yang dituju. "Hanya dititip saja sampai di depan lapas," tutupnya. (ishak/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...