BDI Pertamina Bersama Bazma Salurkan Zakat Infaq dan Sedekah ke Warga Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-– Momentum Idul Fitri 1441 Hijriyah kali ini dimanfaatkan oleh Badan Dakwah Islam (BDI) PT Pertamina (Persero) bersama dengan Baituzzakah Pertamina (BAZMA) guna mengumpulkan sekaligus menyalurkan Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) dari para pekerja dan jasa penunjung muslim.

Khusus untuk hasil pengumpulan yang dilakukan BDI dan BAZMA dari pekerja Pertamina yang ada di lingkungan Marketing Operation Region (MOR) VII langsung disalurkan kepada masyarakat di Kota Makassar pada Jumat lalu (22/05).

Periode pengumpulan ZIS yang dilakukan oleh BDI dan BAZMA ini mulai dari 13 Mei hingga 18 Mei 2020. Nilai konversi untuk 3 kilogram (kg) beras yang ditetapkan adalah sebesar Rp 50 ribu. Adapun sistem penyerahan ZIS dilakukan via transfer ke rekening BDI Pertamina yang telah disiapkan.

Jumlah ZIS yang berhasil dikumpulkan dalam periode tersebut adalah sebesar 1.400 kg beras untuk Zakat Fitrah, Rp 15,5 juta untuk Zakat Maal, dan Rp 4,2 juta berupa Infaq.

Unit Manager Communication & CSR MOR VII, Hatim Ilwan, menjelaskan bahwa setiap tahunnya Pertamina melalui BDI dan BAZMA secara aktif mengumpulkan Zakat, Infaq dan Sedekah dari pekerja Pertamina.

"Pengumpulan zakat ini merupakan suatu bentuk kemudahan yang ditawarkan kepada pekerja Pertamina untuk menyalurkan zakat mereka," jelasnya.

ZIS yang terkumpul, lanjut Hatim, disalurkan ke sejumlah daerah di wilayah Kota Makassar. "Zakat ini kemudian akan disalurkan oleh BDI dan BAZMA sesuai dengan ketentuan penerimanya termasuk bagi kaum dhuafa terdampak Covid-19," lanjutnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan

Comment

Loading...