Sivitas Akademika Unhas Gelar Halalbihalal Secara Virtual

  • Bagikan

"Tak kalah penting upaya solidaritas dan bakti sosial dalam berbagai aksi membantu masyarakat yang dilakukan segenap sivitas akademika dan alumni dari semua fakultas. Upaya ini memperlihatkan sosok Unhas sebagai Humaniversity, yang bukan saja sebagai sumber pengembangan ilmu, namun juga mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan," sambung Prof Dwia.

Pada kesempatan yang sama, hikmah halalbihalal disampaikan oleh Dr. H. Das'ad Latief, S.Sos., S.Ag., M.Si., Ph.D. Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unhas ini menyampaikan beberapa pelajaran dan refleksi halalbihalal.

Ustad Das'ad menjelaskan halalbihalal merupakan salah satu tradisi yang hanya ada pada masyarakat Indonesia.

"Ada faedah yang sangat baik dari kegiatan ini, yakni merapatkan ukhuwah, menyambung persaudaraan. Merugi kita jika hubungan kita dengan Allah telah baik, tapi hubungan dengan sesama manusia belum baik. Jadi, melalui kesempatan ini mari kita lapangkan hati, saling memaafkan diantara kita," jelas Ust. Das'ad.

Sebagai makhluk sosial, tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri. Ia harus bisa berinteraksi dengan orang lain. Di antara bentuk interaksi yang diatur dalam agama islam adalah silaturahmi atau menjaga tali persaudaraan. Sebab, menjaga tali persaudaraan akan mendatangkan banyak kebaikan dan rezeki yang luas.

"Menyesal kita dialam kubur jika tidak menyambung persaudaraan. Ini fungsinya halalbihalal, saling memaafkan. Supaya dosa kepada Allah sudah suci dengan segala bentuk ibadah yang telah kita lakukan selama bulan ramadhan dan dosa kepada manusia juga dimaafkan," sambung ust. Das'ad.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan