Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkab Terapkan Sistem Absensi Deteksi Wajah

Sistem absensi ASN di Pemkab Maros.

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Guna mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkup Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kabupaten Maros melakukan terobosan baru.

Dimana Pemkab Maros mulai mengganti sistem absensi sidik jari (Fingerprint) Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan absensi deteksi wajah.

Hal ini diakui Bupati Maros, HM Hatta Rahman Rabu, 27 Mei saat ditemui di kantornya.

Hatta mengatakan selama ini dikhawatirkan absensi fingerprint bisa menjadi salah satu penyebab penyebaran virus korona dengan adanya sentuhan alat fingerprint secara langsung.

"Jadi kalau kita mnggunakan absensi deteksi wajah, ASN tak lagi bersentuhan dengan mesin fingerprint. Sehingga mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19," katanya.

Selain itu kata dia, pihaknya juga melakukan uji coba absensi via Handphone.

"Jadi sementara kita ujian cobakan di tiga Organisasi Perangkat Daerah yakni Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Dinas Kominfo dan Kantor  Sekretariat Daerah Maros. Nanti kita lihat mana paling mudah diterapkan," jelasnya.

Rencananya kata dia, sistem absensi yang baru ini akan diberlakukan awal Juni mendatang.

"Ini juga sekaligus bahan evaluasi untuk TPP ASN karena kita mau naikkan 20 persen. Nah untuk penilaiannya itu dengan menggunakan absensi. Makanya sebagai alternatif kita akan terapkan  absensi deteksi wajah dan aplikasi android supaya tak ada sentuhan dengan alat absensi," ungkapnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi


Comment

Loading...