Bupati Indah Salurkan BLT ke Masing-masing Kantor Desa

FOTO: ISTIMEWA

Fajar.co.id, Luwu Utara -- Pemerintah Kabupaten Luwu Utara kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk dua desa di Kecamatan Bone-Bone, yaitu desa Sukaraya dan desa Muktisari. Bantuan ini secara simbolis diserahkan oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, di kantor masing-masing desa, Rabu (27/5/2020).

Di desa Sukaraya, sebanyak 179 KK menerima BLT. Total 582 KK menerima manfaat dari semua Bantuan Sosial yang telah disalurkan oleh pemerintah. Di desa Muktisari, sebanyak 153 KK berhak menerima BLT-DD dan total 512 KK atau 90,3% dari jumlah KK telah menerima manfaat dari bantuan sosial yang telah disalurkan pemerintah.

Bupati Indah Putri Indriani menjelaskan, program-program bantuan ini sifatnya bukan pemerataan. Bantuan ini ada kriteria atau persyaratannya. Sebenarnya ada 14 kriteri/persyaratan untuk mendapatkan bantuan sosial ini. Namun jika ini diterapkan, cuma segelintir warga yang akan mendapatkan manfaat dari bantuan ini. Untuk itu, pemerintah daerah mengerucutkan kriteria atau persyaratannya menjadi hanya 5 saja.

"Yang pertama bagi keluarga yang tidak mampu. Kemudian tidak termasuk kedalam penerima bantuan sosial yang lain seperti PKH, Bantuan Sosial Tunai, dan sebagainya. Selanjutnya bantuan ini bagi mereka yang kehilangan mata pencaharian akibat pandemi Covid-19 ini. Kriteria lainnya jika ada dirumahnya yang terkena penyakit kronis tahunan. Dan kiriteria terakhir yaitu Exclusion Error (belum terdata)," pungkasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...