Cerita Sitti Fatimah, 30 Tahun Lakoni Penjual Bunga di TPU


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Ibu Sitti Fatimah (40) meraup untung di momen lebaran. Bisnis berjualan bunga di sekitaran Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jalan Urip Sumohardjo, Kota Makassar sudah ia tekuni sejak puluhan tahun silam.

Di momen ini, tak sedikit orang yang datang berziarah ke makam keluarganya yang lebih dulu meninggal dunia. Bagi Fatimah, pandemi Covid-19 tak menghalangi usaha jualan bunga yang ditabur ke setiap makam.

“Waktu saya masih umur sekitar 10 tahun, saya sudah jualan bunga seperti in di sini. Meski saat pandemi pun tidak goyah, karena inikan musim lebaran. Jadi orang butuh bunga ini untuk ditabur ke makam keluarganya di dalam (makam),” katanya kepada Fajar.co.id, Rabu (26/5/2020).

Bunga yang ia jual terbilang murah. Cukup merogoh sedikit isi kantong Rp10 ribu, sudah bisa membawa satu kantong plastik ukuran sedang, dan siap ditabur ke makam yang ia ingin kunjungi. Kini, Fatimah sudah memiliki sembilan orang anak. Sebagian dari mereka masih satu rumah yang tak jauh dari makam tersebut.

Kata dia, jualan bunganya itu akan ramai pada sore hari. Di waktu itu, para peziarah mulai berdatangan. Di saat itu juga, Fatimah dan beberapa temannya mulai menawarkan bunga tersebut.

“Paling banyak itu peziarah datang kalau sore hari. Tapi kalau di biasa, kadang juga ada yang meninggal. Kadang dalam sehari bisa sampai lima orang yang meninggal dan dimakamkan di sini,” tambah dia.

Komentar

Loading...