Covid-19 di Titik Kulminasi, Begini Prediksi Ketua Gugus Tugas Bone

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, BONE -- Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi menyebutkan tentang Covid-19 di Bone sekarang pada puncaknya atau mengarah pada titik kulminasi.

Namun, dia memprediksi pada bulan Juni mendatang sudah melandai atau turun. "Mudah-mudahan di bulan Juni turun. Kalau misalkan prediksi salah berarti ini akan panjang," katanya saat ditemui di Posko Perbatasan Bone Soppeng Rabu (27/5/2020).

Kata dia, sekarang ini sudah ada 11 positif di Bone, ada 16 orang dirawat di Rumah Singgah Bajoe. Segela upaya dilakukan untuk memutus mata rantai Covid-19 ini. Bahkan pengetatan di jalur masuk ke Bone.

"Mudah-mudahan kita bisa batasi tidak lewat dari 11 orang positif," ucapnya.

"Kalau prediksi turun maka pengetatan sudah mulai dilonggarkan, warkop sudah dibuka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," sambung Fahsar.

Bupati dua periode itu menambahkan, Bone juga sudah bisa melakukan tes swab melalui mesin Tes Cepat Molekuler (TCM). Mesin yang memiliki keakuratan sama dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) pada tes Swab tersebut sudah berada di RSUD Tenriawaru.

Sisa menunggu catridge dari Kementerian Kesehatan. Katanya, catridge itu tidak bisa pengadaan sendiri. Harus dari Kementerian Kesehatan. Namun Kemenkes sudah pesan ribuan unit.

"Tetapi belum sampai di Bone karena dianggap belum zona merah. Yang diutamakan yang besar-besar angka positifnya," ucapnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...