Bukan Kritik! Rizal Ramli kepada Jokowi Pakai Kata Mohon

Ekonom Senior Rizal Ramli-- istimewa

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli menyoroti rencana pemerintah untuk memulai tahun ajaran baru 2020/2021 sekolah pada 13 Juli mendatang.

Lewat akun Twitter-nya, Rabu malam (27/5), tokoh kelahiran Padang, Sumatera Barat itu memberikan saran supaya Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim menunda tahun ajaran baru.

“Corona masih belum betul-betul menurun. Banyak SD, SMP padat sekali. Nyaris sulit untuk jaga jarak. Presiden @jokowi dan Nadiem mohon sekolah SD, SMP dan SMA diundur sampai awal tahun depan. Jepang yang penanganan Corona dan social distance -nya terjaga juga undurkan sekolah sampai Januari,” ucapnya di akun @RamliRizal.

Sebelumnya Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) juga menyampaikan kekhawatirannya sekolah menjadi klaster baru penyebaran virus corona jenis baru itu.

Hal ini tertuang dalam rekomendasi KPAI sebagaimana disampaikan Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti, merespons rencana Menteri Nadiem membuka kembali aktivitas sekolah.

“KPAI mendorong Kemdikbud dan Kemenag RI belajar dari negara lain yang sudah mulai turun kasusnya, bahkan zero kasus kemudian membuka sekolah dengan menerapkan portokol kesehatan, namun ternyata ditemui kasus baru karena siswa dan guru tertular covid 19. Sekolah malah menjadi kluster baru,” ucap Retno pada Selasa (26/5).

KPAI juga menyodorkan data bahwa hingga saat ini ada lebih dari 800-an anak yang telah tertulari Covid-19.

Komentar

Loading...